Majelis Rakyat Papua

Lakukan Reses Bersama Tokoh Agama, Wanggai Jelaskan Kebijakan MRP di Bidang Afirmasi, Proteksi, dan Pemberdayaan OAP

Reses ke I Tahun 2022 Dr. H. TOni Wanggai, anggota MRP Pokja Agama bertama tokoh agama, pimpinan lembaga keagamaan di tanah Papua – Humas MRP

JAYAPURA, MRP – Anggota Majelis Rakyat Papua Pokja Agama Dr. H. Toni V.M Wanggai, S.Ag, MM melakukan reses I tahun 2022 di Kota Jayapura, Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, dihadiri tokoh agama, pemimpin lembaga keagamaan. Rabu, (31/3/2022).

Agenda kegiatan dengan agenda reses Aktualisasi Penyelamatan Tanah dan Manusia Papua melalui Kebijakan Majelis Rakyat Papua dalam bidang afirmasi, proteksi, dan pemberdayaan Orang Asli Papua.

Dr. H. Toni V.M Wanggai, mengatakan dalam bidang Afirmasi, MRP telah melakukan berbagai kebijakan seperti Maklumat dan Rekomendasi untuk prioritaskan OAP dlm penerimaan calon siswa sekolah kedinasan, calon anggota TNI/Polri, ASN.

Dalam bidang proteksi, Wanggai menjelaskan MRP telah melakukan berbagai kebijakan seperti Maklumat untuk perlindungan tanah, hutan, lingkungan hidup, perempuan dan, anak di daerah konflik, dan lainya.

“MRP juga telah melakukan advokasi terhadap pelanggaran HAM yang terjadi di Intan Jaya, Puncak, Nduga, dan daerah lainnya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan Majelis Rakyat Papua juga telah melakukan advokasi regulasi Otsus melalu uji materiil sementara dilaksanakan di Mahkamah Konstitusi.

“MRP menilai Perubahan kedua UU Otsus dilakukan sepihak oleh Jakarta sehingga UU sedang uji materiil di Jakarta dan sidang-sidang sudah berlangsung,” ujarnya.

Lanjutnya, Dalam bidang pemberdayaan, MRP mengeluarkan maklumat untuk komoditi lokal dan promosi kerajinan khas Papua dari 5 Wilayah Adat saat hari budaya.

“Saya keterwakilan Kelompok Kerja Agama tentu berharap  dari elemen keagamaan, pimpinan agama, bahkan umat, tentu turut berperan untuk turut berpartisipasi dan membrikan dukungan tentunya dengan cara menghimbau dan bisa mewartakan kepada semua umat yang kita pimpin, sehingga apa yang tersampaikan melalui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh MRP dapat di pahami oleh umat beragama yang juga adalah sebagai masyarakat di lingkungan atau domisili wilayah pemerintahan,” harapnya. (*)

Humas MRP

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *