Categories Berita

Ketua MRP Buka Kongres Nasional AMPTPI

Timotius Murib ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) – Humas MRP

JAYAPURA, MRP – Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib membuka Kongres Nasional Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tegah Papua se-Indonesia atau AMPTPI yang ke IV di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (12/10/2020). Dalam sambutannya, Murib menyebut AMPTPI telah mencetak banyak pemimpin muda Papua.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan panitia mengudang Majelis Rakyat Papua untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka kongres,” kata Murib kepada wartawan, seusai membuka kongres itu, Senin.

Murib mengatakan AMPTPI sejak berdiri pada 2004 telah memainkan peran penting dan berkontribusi membangun Papua. AMPTPI berhasi mencetak kader-kader pemimpin asli Papua yang berkiprah di tingkat regional Papua, Indonesia, hingga internasional.

“AMPTPI membawa perubahan, perubahan [yang] kita rasakan. Kadernya sudah berkiprah di tingkat internasional, nasional, dan lokal, baik itu di bidang birokrasi pemerintah, politik, dan bisnis,” kata Murib.

Sebagai lembaga kultural orang asli Papua, Majelis Rakyat Papua memberikan dukungan penuh terhadap pelaksaan Kongres Nasional AMPTPI ke-IV. Ia berharap kongres itu bisa menghasilkan rumusan maupun rekomendasi yang bermanfaat bagi proses pembangunan di Papua.

Salah seorang pendiri AMPTPI, Ruben Magai yang kini menjadi anggota legislatif mengatakan banyak kader AMPTPI telah menjadi pemimpin di Papua. Menurutnya, AMPTPI telah berhasil mewujudkan komitmen hasil kongres pertama mereka pada 2004.

“Waktu kongres pertama, kami undang Lukas Enembe, [saat itu beliau] Wakil Bupati Puncak Jaya. [Saat itu] kami putusan mendukung [Lukas Enembe] jadi Gubernur [Papua]. Pada waktunya, kami kerja sesuai kemampuan kami,” kata Magai.

Magai bercerita, dalam kongres pertama itu Klemen Tinal menanggung biaya makan-minum selama kongres. Saat itu, para peserta kongres AMPTPI menyampaikan terima kasih, dan berharap suatu hari nanti Klemen Tinal akan memanen hasil kebaikannya. “Kini Klemen Tinal menjadi Wakil Gubernur [Papua],” kata Magai.

Ketua Pantia Kongres, Laorez Elosak mengatakan para peserta kongres AMPTPI berasal dari 16 Kabupaten di Pegunungan Papua. Mahasiswa dari Kabupaten Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Tolikara, Jayawijaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Tengah, Yalimo, Nduga, Puncak Papua, Deiyai, Intan Jaya, Yalimo dan Dogiyai.

“Kami terpanggil untuk duduk bersama dalam kegiatan Kongres IV AMPTPI. Kongres ini akan berlangsug dari tangga 12 -15 Oktober 2020,” kata Elosak seusai pembukaan kongres.(*)

Sumber: Jubi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.