Logo MRP

Arti BENTUK :

  • Melambangkan Kebesaran Tuhan / Pencipta
  • Di atas Gambar Bintang terdapat TUJUH MUTIARA, yang melambangkan tujuh Wilayah adat di Papua antara lain : Mamta( Papua Timur Laut ), Saireri ( Papua Utara/Teluk Cenderawaih ), Domberai ( Papua Barat Laut ), Bomberai ( Papua Barat ), Anim Ha( Papua Selatan ), La Pago ( Papua Tengah ), Meepago ( Papua Tengah Barat ).
  • LINGKARAN TOPI. Lingkarang Topi dibawah bintang melambangkan Persatuan dan Persaudaraan
  • TARING BABI. Menyerupai ekor cenderawasih , di atas mutiara terdapat dua buah taring Babi, melambangkan kurban / persembahan kepada sang pencipta.
  • One Land,Culture,Heart dalah Satu Bahasa,satu Budaya dan Satu Tanah
  • Peta Papua adalah dimana Orang Papua asli berdomisili untuk mengawal Tanah, manusia dan Sumber daya alam Papua dan hak kesulungannya tetap terjaga.

Arti WARNA :

  • Yang berarti kesucian.
  • Dengan sinarnya melambangkan emas dan terang yang menutupi kegelapan serta penunjuk arah.
  • Dalam logo ini hitam menandakan Suku Asli Bangsa Papua adalah Negroid, selain itu hitam berarti :elok; rapi; anggun; lemah gemulai; luwes.
  • MERAH :bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup).
  • HIJAU :Melambangkan Kesuburan tanah Papua.

Arti TIPOGRAFI :

  1. Tulisan MAJELIS. Berbentuk cekung dibagian tengah untuk memberikan kesan Kepangkatan atau Kehormatan.
  2. TEKSTUR TEMBAGA.Pada tulisan terlihat ada tekstur Tembaga, melambangkan Kekayaan alam Papua.

ROH DARI LOGO MRP.

Rumah Adat Papua

 Satu rumah adat Papua sebagai Pola Dasar Logo. Rumah adat Papua bermakna wadah semua Dimensi dan Unsur Kulturalitas Papua. Rumah adat papua menjadi pusat aktivitas dan pusat pembuatan kebijaksanaan orang asli Papua. Semua asli Papua mempunyai keunikan khusus dalam membangun budaya demokrasi versi papua. Demokrasi versi papua terproyeksi dalamminiatur rumah adat Papua transformative,yaitu lembaga Majelis Rakyat Papua. Jadi Majelis Rakyat Papua adalah rumah adat papua yang transformative, sehingga sangat signifikan ketika majelis rakyat papua disebut sebagai lembaga representative cultural papua.

Tanah Papua

Tanah papua dalam peta Tanah Papua. Maknanya adalah satu kesatuan ekologi-geofrafis dari satu tanah Papua yang dikenal sebagai miniature bumi. Perbedaan Ekologis-Geografis adalah maha karya tangan seni Tuhan adalah dan leluhur perdana orang asli Papua untuk kebesaran dan kemuliaan namanya dari selama-lamanya sampai selama-lamanya di Tanah Papua. Penghayatan pengertian dasar dari konsep Tanah Papua mmenurut orang asli Papua adalah menunjuk pada komponen utama, yaitu: Tuhan Allah dan leluhur perdana serta dimensi ilhainya, alam papua, yaitu: Tanah, Pasir, Batuan, mineral, air, udara, hewan, dan tumbuhan di Papua, manusia Papua (orang Asli Papua atau suku-suku bangsa dari bangsa Papua), kultur dan kulturalitas papua. Tanah dalam Rumah bertujuan untuk menegakkan hak-hak dasar orang asli Papua. Namun ketika disebut  Rumah Tanh maka maknanya adalah menunjuk pada dari mana asal-muasal orang asli papua.

  • Cincin mahkota Papua

Satu cincin mahkota Papua sebagai satu simpul persatuan dan kesatuan orang asli Papua dalam segala dimensi dan unsure cultural Papua.

  • Burung cenderawasih dalam bentuk bintang emas papua.

Burung cenderawasih adalah jenis hewan endemic khas Melanesia. Burung cenderawasih dilihat dalam bentuk bintang emas kuning karena dari dirinya selalu memancarkan sinar kemuliaan. Inti dari sinar kemuliaan hewan Endemic Melanesia dan batu mulia itu bersumber dari Tuhan Allah dan leluhur perdana orang asli papua. Menurut penghayatan pengertian orang asli papua,bahwa Tuhan Allah yang memancarkan sinar kemuliaan bagi semua itu ada dan bersemayam di tanah Papua. Konteks inilah yang diproyeksikan dalam rupa bintang Emas yang sudut kelimanya menghadap atau tertanam dalam: pertama, hati manusia papua dan kedua, tertanam di tanah Papua.

  • Tujuh Mutiara Papua.

Tujuh mutiara papua bermakna Tujuh wilayah adat Papua (Mamta, La Pago,Ha Anim, Saireri, Doberai, dan Mee Pago). Tujuh Mutiara Papuabersumberdari satu Tuhan Allah dan Leluhur orang asli Papua yang member berkat dan kemuliaan yang sama, setara, dan adil bagi orang asli Papua. Ketujuh Mutiara bersinar dari inspirasi dan kasih karunia Pusat sinar kemuliaan, yaitu Tuhan Allah dan leluhur perdana orang asli papua. Nama dari Tuhan Allah dan leluhur perdana orang asli papua.itu disebut dengan berbagai nama menurut bahasa dari suku bangsanya masing-masing.

  •  Tungku adat papua.

 Tungku  adat Papua bermakna kobaran api cinta kasih dalam keluarga suku-suku bangsa di tanah Papua,kemudian orang asli Papua memperoleh kehidupan kehangatan, kemesraan, kesuburan, kebahagiaan, dan kedamaian, dengan demikian, Lembaga Majelis Rakyat Papua dapat menjadi tungku api penghangat, pencerah, pendamai, dan pemimpin bagi terwujudnya Papua baru yang di idealkan oleh Orang asli Papua.

  • Taring Babi/Antena Cenderawasih/Tameng bermakna

        Taring babi/Antena Cenderawasih/Tameng bermakna:

  1. Hasil akhir suatu keputusan yang terbukti diwujudkan melalui proses hidup yang manusiawi, kulturalitik, dan ilmiah
  2. Spirit/Roh Majelis Rakyat Papua, Yaitu Pemberdayaan Keberpihakan, dan Perlindungan
  3. Gematarian hidup yang menghidupkan secara alamiah,kulturalistik,manusiawi,dan ilmiah demi pujian dan kebesaran hanya bagi namaTuhan Allah dan leluhur perdana orang asli Papua
  4. Sebagai Tameng ilahi yang memproteksi Hak-hakDasar Orang Asli Papua.
  • Tulisan Majelis Rakyat Papua

Tulisan Majelis Rakyat Papua bermakna :

  1. Menunjuk Pada Lembaga dan Unsur-unsur kelembagaan yang terhubung dengan secara vertical maupun horizontal dalam wadah representase kultural orang asli Papua
  2. Menunjuk pada unsure Pimpinan dan Anggota Majelis Rakyat Papua sebagai Pelaksana Amanat orang asli Papua dalamkonteks Kulturalitas Orang Asli Papua di Tanah Papua
  3. Menunjuk Pada Produk Hak-hak dasar Orang Asli Papua yang dihasilkan oleh Majelis Rakyat Papua.
  • Tulisan Motto: One Land, One Culture,One Heart .

Tulisan One Land, One Cultural, One Heart satu Tanah, satu Budaya, Satu Hati yang mempunyai Makna :

  1. Karakteristik Utama dari Lembaga Majelis Rakyat Papua adalah Satu Tanah,Tanah Papua, Satu Kultur, Kultur Papua, Satu Hati, Hati Papua.
  2. Elemen/Roh Dasar Papua dari dan kepada Ke Papua-an yang membangkitkan dan menggerakkan Majelis Rakyat Papua dalam Tugas dan Tanggung Jawabnya.
  3. Pondasi atau alas Rumah atau Lembaga Majelis Rakyat Papua yang kokoh dari persatuan dan kesatuan Tanah Papua, Kultur Papua,dan Hati Papua yang di wariskan oleh Tuhan Allah dan Leluhur perdana Orang Asli Papua
  4. Ketiga Alat kelengkapan Utama Majelis Rakyat Papua,Yaitu Kelompok Kerja Adat,Kelompok Kerja Agama dan Kelompok Kerja Perempuan.

Roh dari WARNA

  • Merah

Warna merah bermakna kehidupan Orang Asli Papua dalam Hadirat Tuhan Allah dan Leluhur Orang Asli Papua

  • Hijau

Warna Hijau bermakna sumber hidup, kesuburan, dan kehidupan yang berkelanjutan.

  • Kuning Emas

Warna Kuning Emas bermakna Kemuliaan Komponen Tuhan Allah dan Leluhur perdana Orang Asli Papua,Komponen alam raya Papua, Manusia Papua,dan Kebudayaan Papua.

  • Putih

Warna Putih bermakna kesucian dan keabadian Orang Asli Papua

  • Coklat Terang

Warna coklat terang bermakna kekhasan dan keistimewaan dari Tanah Papua,Orang asli Papua,dan kultur Orang Asli Papua

  • Hitam

Warna hitam bermakna Ras Negroid sub ras melanesoid yang ada termasuk hakikat dari yang ada di Tanah Papua.

  • Paduan Warna

Paduan Warna Merah, Hijau, Kuning emas, Putih, Coklat terang,Hitam adalah multi warna kultur,multi unsur kultur, multi nilai, Kultur yang adadi Tanah Papua yang selalu menjadi pelangi kultur yang harmonis,utuh,dan memberi pengertian baru yang bijaksana dan arif dalam dimensi kolektif, sosial, dan unitas (Persatuan dan Kesatuan).