Categories Berita

Empat orang staf Sekretariat MRP ikuti pelatihan jurnalistik

Suasana pelatihan menulis berita di Kantor Majelis Rakyat Papua, Jayapura (8 Juli 2019) – Doc. Humas MRP

Jayapura – Staf Sekretariat Majelis Rakyat Papua (MRP) berjumlah empat orang mengikuti pelatihan jurnalistik dan menulis berita. Pelatihan ini bermaksud mendukung kerja dari Lembaga dan Anggota MRP dalam hal mempublikasi aktifitas mereka.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini diambil dari masing-masing bagian dalam Sekretariat MRP, antara lain dua orang staf bagian Hubungan Masyarakat (Humas), dua orang staf bagian keuangan dan satu orang staf dari bagian persidangan. Sedangkan pemateri adalah Victor Mambor, salah satu wartawan senior Koran Jubi.

Menurut Victor Mambor, staf humas dalam sebuah institusi pemerintah dan non pemerintah seharusnya memahami ilmu jurnalistik sekalipun mereka bukan wartawan.

“ Dalam membuat satu berita, minimal staf humas harus memahami prinsip 5W1H dan nilai berita dalam jurnalistik,” kata Victor Mambor saat memberikan materi penulisan berita.

Salah satu peserta, Guntur Oijitauw mengatakan pelatihan ini membuat hati senang dan bahagia. “Karena bisa melatih kita membuat berita dalam lingkup kerja kita di lingkungan MRP,” ungkap Guntur Oijitauw

Secara terpisah, Sekretaris MRP Wasuok D Siep menyatakan empat staf MRP yang mengikuti pelatihan itu adalah para staf yang sudah menunjukkan kemampuan untuk menulis, memotret, dan membuat video.

“Kita utus mereka yang sudah punya bakat menarasikan, buat foto dan Video tetapi potensi perlu dipoles dengan pendampingan ini,” ungkapnya, dikutib Koran Jubi

Menurut Siep, pelatihan yang bekerjasama dengan redaksi Koran Jubi dan portal berita jubi.co.id itu digelar karena MRP ingin para stafnya memiliki kemampuan untuk mempublikasikan kerja-kerja para anggota MRP kepada publik. Siep menyatakan MRP telah melakukan banyak kerja, namun selama ini kerja-kerja MRP itu tidak terpublikasikan dengan baik.

Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama tiga bulan. Dalam kesepakatan bersama antara pemateri dan peserta pelatihan akan berlangsung dua kali dalam satu minggu, yaitu di hari Senin dan Rabu. Untuk pertama kali pelatihan dilaksanakan pada Senin, 8 Juli 2019 bertempat di Kantor MRP, Kotaraja Jayapura. Pelatihan dimulai dari jam 10.00 hingga 13.00 Waktu Papua.

Siep berharap, pasca pelatihan itu para staf seharusnya mampu mengelola laman internet MRP. “Harapan saya, mereka ini bisa betul-betul menjadi penyambung lidah MRP kepada publik,”ungkapnya. (Humas MRP)

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *