Categories Berita

MRP Kunjungi Sekolah dibawah Naungan Kemenag Keerom

Program Aku Cinta Papua, 5 Sekolah Yayasan Kristen dan Katholik akan dinegerikan

KEEROM, MRP – Pokja Agama Majelis Rakyat Papua (MRP) melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dibawah naugan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom pada Kamis (13/8/20). Pada kunjungan kali ini sebanyak 8 orang rombongan yang terdiri dari Ketua Pokja, Anggota dan staff, melakukan rangkaian kegiatan ke beberapa sekolah untuk program ‘’Aku Cinta Papua’’ dari Kementerian Agama RI.

Rombongan yang dipimpin Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Mulait dengan anggota rombongan Robert Wanggai (Sek. Pokja), Edi Togodli, Beni Sweni, Adolof Kogoya, Andres Goo, dan lainnya. Kedatangan rombongan MRP ini disambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom, Karel Mambay, SE, MPdK, dan jajaran.

Adapun sekolah-sekolah yang dikunjungi dalam rangka persiapan menjadi negeri adalah SMTK (Sekolah Menengah Theologi Kristen) Kadesi di Arso VI dan SMAK (sekolah menengah agama Kristen) Ebenhaeser di Senggi. Selain itu, sebagai pembanding, rombongan juga melihat MTs Persiapan Negeri Arso X dan SMAK Negeri Keerom di Arso XIV.

Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Mulait, mengemukakan bahwa pihaknya puas dengan hasil kunjungan karena bisa mendapatkan gambaran kondisi sekolah yang akan direkomendasikan statusnya untuk menjadi sekolah negeri.

‘’Tujuan kunjungan MRP adalah sesuai usulan kemenag, ada 5 sekolah yang mau dinegerikan, hari ini kami kunjungan ke sekolah untuk melihat sekolah, guru sekolah, dan kondisi lainnya, untuk memastian ini program pemerintah atau semangat dari sekolah, tapi kami kunjungi ternyata ini adalah semangat bersama kedua pihak, tentunya ini menggembiarakan. Maka akan kami berikan rekomendasi untuk proses selanjutnya. Bahkan kami juga akan rekomendasi agar kepada sekolah sekolah yang dimaksud untuk ditambahkan fasilitas asrama bagi siswa/siswinya,’’pungkasnya.

Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Mulait. 
Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Mulait.

Kepala Kantor Kemenag Keerom, Karel Mambay, saat diwawancara. (Arief/LPC)

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Keerom, Karel Mambay menjelaskan bahwa sesuai SE kemenag no 19 tahun 2020 tentang program ‘Kita Cinta Papua dan Papua Barat’, maka Kemenag Papua menyambut hal tersebut dan menjalin komunikasi dengan berbagai lembaga termasuk MRP, agar program Aku Cinta Papua yang salah satunya adalah peningkatan status sekolah yang dikelola yayasan Katholik dan Kristen menjadi negeri.

‘’Kunjungan MRP sangat bermakna bagi kami dan kami menyampaikan apresiasi. Saat ini ada 5 sekolah yang mausk program ini di papua dan dua diantaranya ada di Keerom dan ini yang dikunjungi MRP, dan selanjutnya rekomendasi MRP akan mendukung sekolah yayasan ini nantinya menjadi negeri dan kedepan akan ditangani pemerintah yaitu kementerian agama secara professional,’’ujarnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.