Majelis Rakyat Papua

Akan bertemu pimpinan agama, Pokja Agama MRP gelar rapat persiapan

Rapat anggota Pokja Agama di pimpin Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Luiz Mulait (kanan) bersama Ketua I MRP, Jimmy Mabel. – Humas MRP

JAYAPURA, MRP – Kelompok Kerja Agama Majelis Rakyat Papua atau Pokja Agama MRP menggelar rapat untuk mempersiapkan pertemuan mereka dengan pimpinan lembaga dan organisasi keagamaan di Papua. Hal itu dinyatakan Ketua Pokja Agama MRP, Yoel Luiz Mulait kepada Jubi di Jayapura, Rabu (15/7/2020).

“Hari ini [kami] rapat persiapan kegiatan Pokja Agama. [Kami mempersiapkan diri untuk] bertemu pimpinan keagamaan,”ungkap Mulait.

Mulait menyatakan dalam rapat persiapan pada Rabu pihaknya membahas tiga rencana kegiatan Pokja Agama. Pertama, agenda kunjungan anggota Pokja Agama MRP ke lembaga keagamaan dan organisasi kegerejaan masing-masing pada 18 Juli 2020 mendatang.

“Anggota  [akan] berkunjung ke sinode masing-masing, ketemu ketua sinodenya. Kunjungan itu dalam rangka mengisi kuosiner pengunaan Dana Otonomi Khusus Papua di bidang keagamaan,” kata Mulait.

Rapat persiapan pada Rabu juga membahas rencana Pokja Agama bertemu pimpinan Forum Komunikasi Umat Beragama, Persekutuan Gereja-Gereja Papua, Majelis Ulama Indonesia dan Asosiasi  Pendeta-Pendeta se Indonesia. Pertemuan itu akan digelar pada 19 Juli 2020.

Selain itu, rapat persiapan juga membahas rencana Pokja Agama mengundang para pimpinan lembaga dan organisasi keagamaan ke MRP, untuk mempresentasikan penggunaan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua bidang keagamaan. Para pimpinan lembaga serta organisasi keagamaan itu akan diundang ke MRP pada 22 Juli 2020 mendatang.

Anggota Pokja Agama MRP, John Wob yang merupakan utusan Keuskupan Agung Merauke mengatakan hingga kini dirinya masih berada di Merauke dan tidak bisa kembali ke Jayapura, karena adanya kebijakan pembatasan angkutan penumpang pada masa pandemi Covid-19. Wob menyatakan dirinya belum menerima agenda Pokja Agama itu secara tertulis.

Meskipun demikian, Wob menyatakan siap menjalankan agenda Pokja Agama. “Kalau saya sudah menerima agenda secara tertulis dari lembaga, saya menyesuaikan dengan mekanisme lembaga,” kata Wob saat dihubungi Jubi melalui panggilan telepon pada Rabu.(*)

 

Sumber: Jubi.co.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print