Categories Berita

MRP Serahkan Sembako kepada OAP Terdampak Covid-19 di Koya Tengah

Ketua Tim I MRP Amatus Ndatipit dan anggota menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada OAP terdampak Covid-19 di Kampung Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Kamis (7/5/2020).

JAYAPURA, MRP —Majelis Rakyat Papua (MRP) menggelar kunker sekaligus menyerahkan bantuan sosial, berupa paket sembako dan masker kepada Orang Asli Papua (OAP), yang mewakili lima wilayah adat di Provinsi Papua terdampak Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Kampung Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Kamis (7/5/2020).

Perwakilan lima wilayah adat  masing-masing  Tabi/Mamta, Saereri, Lapago, Meepago dan Animha.

Paket sembako tersebut  diserahkan secara simbolis oleh Ketua Tim I MRP Amatus Ndatipit kepada perwakilan OAP dari lima wilayah adat di Papua.

Turut hadir anggota MRP Nerlince Wamuar, Amandus Anakat, Albertus Moyouend, Natalia Kallo, Felitas Kabagaimu, Neles Rumbarar, Ketua II Bamuskam Koya Tengah Ricky Wenggo dan Paul Tan, Pr, selaku Pastor Paroki Gembala Baik Abepura, yang membawahi Stasi Koya Tengah, Koya Barat dan Koya Timur.

Ndatipit mengatakan, sesuai dengan Tupoksi MRP yakni perlindungan dan keberpihakan kepada OAP. Maka pihaknya menggelar kunjungan kerja atau kunker  di tengah-tengah OAP, sekaligus menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako ini

“Semoga bantuan ini sedikit memberi manfaat bagi OAP, yang bekerja dari rumah atau work from home selama masa lockdown, untuk pencegahan Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, OAP yang mewakili lima wilayah adat di Papua sejak Covid-19 menular sudah dua kali menerima bantuan sosial berupa sembako, masing-masing dari Pemkot Jayapura, yang diserahkan langsung Sekda Kota Jayapura Frans Pakey dan berikutnya dari MRP.

“Kami mengharapkan Pemprov Papua dan lembaga -lembaga lain yang beroperasi di Papua, seperti BUMD dan BUMN bisa memberikan bantuan sosial kepada OAP,” imbuhnya.

Selama masa lockdown ini, jelasnya, MRP membentuk enam tim yang menggelar kunker dan menyerahkan paket sembako di lima wilayah adat di Papua.

Usul Rapid Test

Sementara itu, Ricky Wenggo mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kepedulian MRP, yang telah meringankan beban OAP di saat lockdown melalui bantuan sembako dan masker.

“Dengan bantuan sembako ini kami bisa tetap tingggal di rumah. Sedangkan masker kami bisa melindungi diri dari Covid-19,” ucap dia.

Ia pun mengharapkan, agar bantuan sosial ini terus berkelanjutan disalurkan kepada OAP selama wabah Covid-19.

Selain itu, ungkapnya, pihaknya mengusulkan kepada Satgas Pengendalian Pencegahan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, untuk melakukan Rapid Test seluruh OAP di Kampung Koya Tengah, agar sedini mungkin dapat diketahui orang yang positif maupun negatif Covid-19.

Kepedulian

Paul Tan mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada MRP, yang telah ikut memperhatikan warga khususnya OAP.

“Tentu sembako bukanlah utama, tapi yang utama adalah kepedulian MRP terhadap OAP,” ucapnya.

Oleh karena itu, tuturnya, pihaknya berharap kepedulian ini terus berlanjut ke hal-hal  yang lain, seperti pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat, khusus untuk OAP di Kampung Koya Tengah. **

 

Sumber: http://papuainside.com/

 

Facebook Comments