MRP: Tutup Semua Akses Pesawat dan Kapal ke Papua!

Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib – Foto/Agus Pabika.

Jayapura, MRP – Rabu (18/3/2020), rapat gabungan Pimpinan dan Pokja Majelis Rakyat Papua (MRP), memberikan saran kepada Pemerintah Provinsi Papua, untuk bersurat kepada Presiden RI, guna menutup seluruh bandara dan pelabuhan laut di Papua. Kepada para wartawan, Kamis (19/3/2020), Timotius Murib, selaku Ketua MRP, mengungkapkan bahwa hal ini harus dilakukan mengingat Covid-19 sudah menyebar secara masif. Langkah itu dinilai penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona dan mewabahnya COVID-19 di Papua.

Sebagaimana diketahui, MRP telah mengirim surat kepada Gubernur Papua, untuk meminta penutupan seluruh akses ke Papua. Selain kepada Gubernur Papua, surat yang sama juga dikirimkan kepada beberapa instansi terkait yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, Polda Papua, Pangdam Cenderawasih, Kejaksaan Tinggi Papua dan Pengadilan Tinggi Jayapura.

“Kami meminta pemerintah bergerak cepat untuk hal ini supaya seluruh masyarakat Papua bisa dilindungi dan terproteksi dari wabah ini. Kalau perlu, satu bulan penuh semuanya ditutup”, Tegasnya.

Permintaan MRP ini patut diapresiasi lantaran masih minimnya fasilitas kesehatan di Papua dalam menangani wabah Covid-19. Selain itu, data dari Dinas Kesehatan Papua menyebutkan bahwa ada 5 (lima) PDP Covid-19 di Papua, dan 332 ODP. Spesimen dari kelima orang tersebut sudah dikirim ke Jakarta untuk diketahui positif atau negatif Covid-19.

Oleh karena itu menurutnya, deteksi dini melalui penutupan semua akses ke Papua merupakan hal yang harus dilakukan agar bisa dideteksi jangan sampai penyebaran wabah masuk ke kampung-kampung. Kita tentu terus bertanya-tanya, kebijakan khusus apa yang akan diambil Pemerintah Provinsi Papua dalam menangani pandemik ini.

 

Sumber: Jagapapua.com

 

Facebook Comments

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print