Categories Berita

MRP minta pemerintah segera memperketat arus penumpang di bandara dan pelabuhan

Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua atau MRP, Jimmy Mabel (kiri) saat memimpin rapat MRP beberapa waktu lalu – Humas MRP

Jayapura, MRP – Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua atau MRP, Jimmy Mabel meminta otoritas bandar udara dan pelabuhan laut di setiap kabupaten/kota di Papua memperketat pengawasan arus penumpangnya. Pengawasan itu harus diperketat untuk mencegah masukkan virus Corona ke Papua.

Hal itu disampaikan , Jimmy Mabel di Jayapura, Jumat (6/3/2020). “MRP minta setiap penduduk masuk melalui udara dan laut ditertibkan. [Mereka] harus diperiksa, motif kedatangan [mereka] perlu di cek,” kata Mabel.

Mabel mengingatkan jika sampai virus Corona menginfeksi orang di Papua, wabah itu bisa menjadi ancaman besar bagi orang asli Papua. Apalagi orang Papua memiliki kekerabatan yang sangat tinggi, dan biasa berinteraksi dengan sangat akrab. “Satu meninggal, keluarga akan berkerumun, menangis, peluk. [Jika di antara mereka ada yang terinfeksi virus Corona], satu kampung [bisa ikut] kena,” kata Jimmy.

Anggota Kelompok Kerja Agama MRP, John Wob mengatakan virus Corona harus diantisipasi dan ditangani dengan akal sehat. Ia menegaskan upaya pencegahan penting dilakukan, mengingatkan buruknya akses orang asli Papua terhadap pelayanan kesehatan di Papua.  “Pemerintah mesti menangani ini dengan akal sehat,”ungkapnya.(*)

 

Sumber: Jubi.co.id

 

Facebook Comments