Categories Berita

MRP akan mengevaluasi penggunaan dana Otsus

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi –Majelis Rakyat Papua (MRP) akan mengevaluasi penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) dalam masa Reses atau kegiatan di luar sidang pada pekan ini. Evaluasi dana Otsus lebih spesifik mengulas sektor pendidikan, kesehatan, dan keagamaan.

“Kami dalam tujuh hari kedepan akan reses ke daerah pemilihan (Dapil). Tugas reses menanyakan kepada masyarakat apakah selama ini sudah merasakan dana Otsus atau tidak,” kata Ketua Majelis Rakyat Papu

Evaluasi itu minimal bisa mengetahui apakah selama ini masyarakat merasakan efek dana Otsus atau tidak. “Dana Otsus ini kan besar, sudah seberapa besar masyarakat kita menikmatinya,” ujar Murib menjelaskan.

Selain ke masyarakat, anggota MRP juga akan menanyakan kepada pemerintah daerah, apakah setelah mendapatkan dana Otsus sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Hal ini dinilai penting karena pembagian dana Otsus masing-masing 20 persen untuk provinsi dan 80 persen untuk kabupaten dan kota.

“Masyarakat perlu paham dana 80 persen tersebut diperuntukan untuk apa saja. Berapa untuk pendidikan, berapa untuk kesehatan dan berapa untuk keagamaan,” katanya.

Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Agama, MRP, Robert Wanggai, menyebutkan evaluasi penggunaan dana Otsus untuk kemajuan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Kalau ada masyarakat yang menjawab tidak pernah merasakan dana Otsus maka itu kesalahan pemerintah dalam hal ini kepala daerahnya,” kata Wangai.

Menurut dia, seharusnya kepala daerah mensosialisasikan ke masyarakat, setelah mendapatkan dana Otsus.  Apa lagi selama ini masyarakat menilai dana Otsus tersebut berada di Provinsi.

“Nyatanya tidak, malah dana Otsus tersebut lebih banyak dikelola oleh kabupaten dan kota,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *